salam EG Lover....
kali saya akan membahas masalah rpd yang sering drop di mobil Genio dan estilo yang sering ngedrop/turun bahkan bisa sampai mati mesin
Lokasi EACV
Genio Estilo
Apa
fungsinya : untuk
nambah supply udara kedalam ruang bakar, agar RPM tetap stabil / idle meskipun
beban elektrik mesin berubah-ubah. misal dikarenakan mesin masih dingin
sehingga butuh RPM lebih tinggi agar tidak mati, nyalakan AC dll.
Berikut
langkah-langkah setting idle dan EACV … menurut standar manual book yang saya
coba
1. Dalam
kondisi mesin mati, lepas konektor / soket kabel EACV
Lepas socket
EACV
letaknya
dibelakang EACV, warna abu-abu, ada 2 pin.
2. Nyalakan mesin, ditahan agar mesin gak mati, biarkan mesin berjalan dengan kondisi lampu engine check menyala (soalnya EACV kita cabut)
3. terus nyalakan sampai pada temperatur optimal pembakaran (kipas radiator memutar)
4. setting RPM idle mesin, puter bautnya thotle head pake obeng minus (kayak setting langsam mesin biasa yang pake karbu), kurang lebih 450 – 600 cari putaran mesin yang enak, dan getarannya kurang.
5. setelah OK, matikan mesin. pastikan kunci start dalam kondisi off (bisa dicabut)
6. Colokkan kembali soket EACV
7. Lakukan reset ECU dari fuse box
2. Nyalakan mesin, ditahan agar mesin gak mati, biarkan mesin berjalan dengan kondisi lampu engine check menyala (soalnya EACV kita cabut)
3. terus nyalakan sampai pada temperatur optimal pembakaran (kipas radiator memutar)
4. setting RPM idle mesin, puter bautnya thotle head pake obeng minus (kayak setting langsam mesin biasa yang pake karbu), kurang lebih 450 – 600 cari putaran mesin yang enak, dan getarannya kurang.
5. setelah OK, matikan mesin. pastikan kunci start dalam kondisi off (bisa dicabut)
6. Colokkan kembali soket EACV
7. Lakukan reset ECU dari fuse box
Reset ECU di
Fuse Box
8. Nyalakan
mesin selama 10 menit atau sampai kipas radiator muter lagi.
9. check RPM idle, kurang lebih sama dengan RPM idle yang kita set pada saat tanpa EACV (no.4). asumsinya adalah pada saat temperatur optimal EACV tidak perlu bekerja.
10. Kemudian test EACV, nyalakan AC. (mesin akan terbebani). kalau EACV kerja, RPM naik sebentar untuk siap2 terbebani AC kemudian turun hingga sedikit melewati RPM idle. kalau RPM dibawah RPM idle, bisa jadi EACV tidak kerja/udara EACV terhambat, atau EACV perlu di setting ulang
11. silahkan di cobaa …
9. check RPM idle, kurang lebih sama dengan RPM idle yang kita set pada saat tanpa EACV (no.4). asumsinya adalah pada saat temperatur optimal EACV tidak perlu bekerja.
10. Kemudian test EACV, nyalakan AC. (mesin akan terbebani). kalau EACV kerja, RPM naik sebentar untuk siap2 terbebani AC kemudian turun hingga sedikit melewati RPM idle. kalau RPM dibawah RPM idle, bisa jadi EACV tidak kerja/udara EACV terhambat, atau EACV perlu di setting ulang
11. silahkan di cobaa …
Reset ECU :
1. posisi kunci dalam kondisi OFF
2. lepas back up fuse (sekring di bos sekring yang letaknya dipojokkan mesin) lokasinya 2 fuse dari kiri, klo masih standar besarnya 10A warna merah.
3. biarkan selama 10 detik agar ECU ke reset
4. masukkan kembali back up fuse.
*apabila dilakukan reset ECU maka setting jam dan frekuensi radio yang terecord akan hilang, ikut ke reset.
1. posisi kunci dalam kondisi OFF
2. lepas back up fuse (sekring di bos sekring yang letaknya dipojokkan mesin) lokasinya 2 fuse dari kiri, klo masih standar besarnya 10A warna merah.
3. biarkan selama 10 detik agar ECU ke reset
4. masukkan kembali back up fuse.
*apabila dilakukan reset ECU maka setting jam dan frekuensi radio yang terecord akan hilang, ikut ke reset.
Setting idle
EACV
– didepan EACV ada baut dengan kunci L (…gambar 4)
– bisa diputer2 seperti baut idle (…gambar 5 dan 6)
– setting sampai RPM yang diperlukan (mesin terdengar enak, gak terlalu kenceng, gak batuk)
– didepan EACV ada baut dengan kunci L (…gambar 4)
– bisa diputer2 seperti baut idle (…gambar 5 dan 6)
– setting sampai RPM yang diperlukan (mesin terdengar enak, gak terlalu kenceng, gak batuk)
Setting Idle
RPM EACV
*agak susah setting EACV saat mesin nyala, soalnya mentok sama soket colokan sensor thortle valve, jadi masin dalam kondisi mati, colokan thortle dilepas, setting EACV, nyalain lagi, cek rpm ..
MET
MENCOBAAAAA ……
sumber :Estilo Genio Community Indonesia






Tidak ada komentar:
Posting Komentar